Sabtu, 07 Juli 2012

Kesalahan Para Newbie Travian


10 Kesalahan Berpikir Newbie (pemula) di Travian:


1. Desa di sekitar aku populasinya sedikit, berarti aman.
Salah besar. Populasi kecil bukan berarti tidak akan mengganggu. Khusus Teuton bahkan dari awal berdiri pun sudah bisa membangun 5 clubswinger, dan itu cukup untuk menggerogoti desa sekitar, termasuk desamu (makanya teuton 7x7 ngga wa kasih kesempatan punya pasukan).



2. Desa besar berarti seram
Ga juga. Banyak tipe pemain simcity yang malas bikin pasukan. Akibatnya desa mereka penuh dengan resource tapi tanpa penjagaan. Desa-desa seperti inilah yang menjadi target utama pemain raid. Bisa pula memang pasukannya seram, tapi bermain damai dan membiarkan desa-desa kecil di sekitarnya. Jadi jangan langsung menyerah.



3.Pasukan itu ngabis-ngabisin resource.
Mending bangun ladang dkk dulu Salah. Membangun pasukan justru akan memberi efek boost terhadap resource. Bayangkan 5 infantri bisa bawa 50 sda tiap 30 menit. Sementara SDA dari ladang dkk pertambahannya paling mentok 40 unit per jam (untuk pemula)
Tapi ya semua sesuai dengan cara mainmu saja, main defense pun tidak ada salahnya.



4. Masuk aliansi gede untuk dapat perlindungan
Ga semua aliansi gede mau ngasih perlindungan. Pikirkan apakah desamu sendiri cukup layak untuk masuk aliansi mereka? Pikirkan juga biasanya aliansi besar punya banyak aturan. Ga online 3 hari biasanya malah digangbang. Lebih baik pilih aliansi menengah yang sesuai dengan gaya mainmu.



5.Bangun cranny sebanyak mungkin biar aman
Yang benar adalah bangun cranny yang pas dengan frekuensi log in mu. Misalnya kamu hanya bisa online 1 kali sehari, sementara produksi sumber dayamu adalah 400 per hari, maka bangunlah cranny level 7.
Terlalu banyak cranny berarti memboroskan sumberdaya. Lagipula pemain tipe raid biasanya tidak begitu senang kalau hasil rampokannya terus-terusan 0,0,0,0. Ini malah memancing mereka mengirim catapult.



6. Mending langsung kejar kuda aja daripada boros-borosin duit bikin infantri.Pertimbangkan bahwa meriset kuda itu mahal, dan modal membuatnya juga mahal. Padahal perlindungan desa dari awal sangat penting dan menentukan masa depan desamu. Desa yang sejak awal ketahuan tidak punya perlindungan biasanya akan terus-terusan jadi target farm/raid.



7. Kalau udah kena farm/raid mending delete akun aja
Player bertipe raid punya perhitungan sendiri. Desa yang terlalu besar akan malas meraid desa yang terlalu kecil. Masalahnya meraid itu juga butuh pengorbanan waktu dan sumberdaya untuk membuat pasukannya. Hal seperti ini juga bisa menjadi senjatamu dalam berdiplomasi.



Selain itu semua player punya jam aktifnya sendiri-sendiri. Perhatikan polanya, begitu dia masuk jam tidak aktif, berarti kesempatanmu untuk menyelamatkan resource. Entah dengan membangun sda/pusat desa sebanyak-banyaknya, mengoper ke desa lain (kalo punya lbh dari 1 desa), atau membangun cranny.



8. Player tukang raid itu kejam
Salah, semua yang terjadi di travian itu ga lebih dari usaha masing-masing orang untuk eksis dan mempertahankan diri sendiri. Kalau kamu bisa berdiplomasi, menawarkan pertimbangan-pertimbangan menarik supaya tidak difarm, bisa jadi kamu malah berteman dengan orang yang senang menyerang kamu (pengalaman pribadi dengan sejahteraaja nih... ^_^).
Catatan lain, kamu akan sangat dikagumi oleh si tukang raid kalau tatap bisa eksis walaupun dirampok habis-habisan. Udah banyak kejadiannya kok.



9. Untuk eksis berarti harus online 24/7
Ga juga. Banyak pilihan untuk bisa selamat tanpa harus melototin travian setiap saat. Entah dengan sitting, bikin desa baru di wilayah kosong, atau mungkin bangun cranny. Semua disesuaikan saja dengan cara mainmu.
Tapi walaupun di atas ditulis main travian tidak harus 24/7, bukan berarti bisa dimainkan dengan leyeh-leyeh juga. Kalaupun tidak bisa online setiap saat, tetap camkan bahwa main Travian itu harus punya perhitungan kuat. Kapan kita login, kapan logout, berapa lama bikin pasukan, berapa lama bikin bangunan, berapa banyak sumberdayanya, dan seterusnya.



10. Profile [#0] cukup untuk membuat orang di sekitar berdamai, tidak menyerang Salah besar. Membiarkan tanda [#0] justru akan mempermudah orang menentukan kapan perlindungan pemulamu habis. Begitu habis, mereka akan mulai menyerangmu secara rutin.
Kesalahan lain adalah membuat profil yang terlalu culun seperti “Jangan serang saya! Saya pemula kk!”. Itu sama saja dengan membuat folder di komputermu dengan nama “JANGAN BUKA ADA BOKEPNYA”. Semua yang melihat pasti akan penasaran dan membuka.
Sebaliknya profil yang terlalu dibesar-besarkan malah akan membuatmu terlihat bodoh. Misalnya desamu masih populasi 100 tapi kamu menulis “Awas! berani serang, gw CATA!”. Mana ada orang percaya desa populasi 100 bisa bikin catapult?:tidakmungkin:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar