Focusing merupakan hal yang wajib:

1. Fokus membantu dalam mengarahkan permainan..
2. Dengan fokus, peran kita dalam permainan dan aliansi menjadi lebih jelas (seperti pemilihan class dalam Ragnarok Online misalnya)
3. Fokus sangat membantu tercegahnya pemborosan SDA untuk hal-hal yang tidak perlu..

Berikut adalah langkah2 untuk mulai fokus..

ANALISA

1. Mampu login setiap saat atau hanya login 1x sehari?? Keaktifan saya golongkan dalam 3 kategori..
1. High online hour (stay connected kapan saja),
2. Regular online hour (hanya online dari kantor/rumah),
3. Low online hour (koneksi ke internet bisa kapan saja tapi tidak teratur dan tidak bisa lama — mesti ke warnet misalnya dan terbatas dari anggaran)Apabila anda golongan pertama, maka mestinya prestasi travian anda (pop maupun troops) di atas rata-rata server.. Bila termasuk golongan kedua, satu hal yang pasti anda butuh sitter untuk covering “regular blank hour” yang ada (klo hanya online malam dari rumah, berarti cari sitter di jam kantor dan vice versa).. Bila termasuk golongan ketiga, nah ini yang rada gawat, fokus anda akan terbatas nantinya..
2. Menggunakan gold atau tidak?? Menggunakan gold tentu saja merupakan advantage.. Namun, tidak menggunakan gold juga tidak masalah sepanjang strategi permainan anda tepat..
3. Lebih cenderung main defensive atau offensive?? Ini pertanyaan yang paling krusial karena sesuai tujuan thread ini, FOKUS.. Seringkali ada player yang ngotot bermain offensive namun kondisi tidak memungkinkan..
4. Perlu raid atau tidak?? Nope.. This is not a stupid question.. Ada banyak player yang prefer bermain tanpa raid.. Raid memang sedap namun hanya sedikit yang mampu melakukan regular raid..

CLASSIFIED

berarti ada 12 kelas tersedia..

1. Off-Gold-High Kelas idaman karena secara de facto mestinya menempati papan atas server baik secara pop maupun troops.. Tidak perlu dijelaskan panjang karena anda bisa jadi apa saja dengan kondisi seperti ini.. But likely, we need you as WW Hammer.. Fokusnya jelas, troops yang besar dengan komposisi kurang lebih seperti ini: Teuton : Axeman+TK+Rams+Catapult+Chief Roman : Imperian+EC+Battering Ram+Fire Catapult+Senator Gaul : Swordman+Haeduan+Ram+Trebuchet+Chieftain
2. Off-Gold-Reg Sama seperti di atas, tidak terlalu sulit untuk mengejar status WW Hammer seperti di atas.. Namun yang jelas, berhubung jam onlinenya reguler, SITTER IS A MUST..
3. Off-Gold-Low Ini kelas yang agak dilematis.. Untuk menjadi WW Hammer cukup sulit kecuali sitternya sangat aktif.. At best, ini bagus dimainkan sebagai Solitary Hammer (Hammer yang ditumpuk doang untuk sole purpose sehingga jarang digerakkan)
4. Def-Gold-High Kelas yang sering dicela (ngapain main def kalo sering online dan pake gold?).. Karena mainly defensive, jadi ga terlalu ribet urusin desa dan pasukan sehingga mampu mengurusi hal2 lain seperti aliansi maupun menjadi urgent standby sitter.. Sialnya tidak semua tribe cocok dimainkan seperti ini.. At best he recommended this composition.. Gaul : Phalanx + DR + Haeduan Trebuchet + Chieftain Pasukan diutamakan DR+Haeduan untuk Inserting Squad.. Dengan cadangan pasukan def yang besar kelas ini bagus untuk immediate CFD..
5. Def-Gold-Reg Kelas yang sama namun dengan perbedaan di jam online.. Bisa dimainkan seperti di atas dengan catatan serupa, sitter untuk covering regular blank hour.. Bisa juga digunakan komposisi Roman sbb.. Roman : Legionnaire + Praetorian + Fire Catapult + Senator dengan catatan, Legio dan Praeto disebar2 untuk mendukung teman aliansi dan dapat ditarik apabila main troops devastated.. Hal ini untuk mengantisipasi waktu rebuilding troops roman yang relatif lambat..
6. Def-Gold-Low Kelas yang sama namun dapat dimainkan oleh tribe apa saja… Syaratnya masih sama, SITTER AKTIF.. Karena bermain gold, at least we expecting this class untuk build def troops dalam jumlah besar dengan fokus pada unit defensive utama untuk WW.. Teuton : Spearman Gaul : Phalanx / DR Roman : Praetorian
7. Off-Non Gold-High Another best class… Class ini bisa memainkan apa saja karena yang membedakan hanya gold.. Satu-satunya disadvantage untuk kelas ini adalah build time — upgrading cropper sampai level 17?? perlu berapa bulan Namun, kelas ini pun dapat menjadi WW Hammer seperti kelas 1.
8. Off-Non Gold-Reg Fairly best class.. Selain non gold, jam online-nya reguler sehingga perlu sitter covering.. Namun fairly, kelas ini bisa serving sebagai hammer, atau at least sebagai regular offensive (infantry+cavalry+ either catapult/ram)
9. Off-Non Gold-Low First off all, menurut kami there is no such class.. Bagaimana anda bisa main offensive jika hanya sekali-sekali online??? We dont agree with this class.. Kalaupun ada yang memainkannya, sitter anda pasti cape sekali ;D
10. Def-Non Gold-High Kelas standar dalam pemain defensive.. Bisa dibuilt maksimal kecuali untuk tribe Teuton (secara teori mestinya bisa sih Spearman+Paladin tapi belum pernah ada yang memainkan seperti itu).. Formasi standarnya sebagai berikut.. Roman : Legionnaire+Praetorian Gaul : Phalanx + Druidrider
11. Def-Non Gold-Reg Sama seperti di atas, namun perlu sitter covering..
12. Def-Non Gold-Low Kelas yang paling reasonable untuk travianers yang terhalang biaya dan waktu (kelas ini sebenarnya banyak digunakan di server indonesia, sebagai MULTI ACCOUNT …. Purposenya difokuskan pada penyediaan unit defensive standar.. Roman : Praetorian Gaul : Phalanx Teuton : Spearman

BUILDING FOCUS..

Jelas bahwa untuk kelas Offensive, fokus anda adalah Pandai Besi (Blacksmith).. untuk lebih menghemat biaya, hanya upgrade Pandai Besi pada Army Village (preferably cropper).. Untuk para pemain Offensive, Pusat Kebugaran (Tournament Square) juga krusial.. Untuk gold user-offensive, ada baiknya mengalokasikan 1 desa khusus sebagai support defensive..

Bagi WW hitter/holder, yang perlu diperhatikan adalah requirement dalam mengambil Construction Plan yaitu Gudang Ilmu (Treasury) yang tidak bisa dibangun di Capital.. Sehingga disarankan agar hitter/holder memiliki 2 atau lebih Cropper Army Village dimana Main Army (Hammer) disimpan di Capital Cropper sementara Steal Army disimpan di Cropper Army Village.. Demi pengamanan Construction Plan, sebaiknya juga 5 atau lebih player (namanya dirahasiakan) untuk membangun Gudang Ilmu (Treasury) dan memindah2kan Construction Plan atau mencuri dan menyembunyikan Construction Plan musuh..

Untuk kelas Defensive, fokuskan pada Pabrik Perisai (Armoury) dan hanya upgrade pada Army Village.. Jika ingin berperan sebagai Mobile Def Squad (preferably DR) sebaiknya kembangkan Pusat Kebugaran juga.. Bagi gold user-defensive, disarankan untuk built 1 catapult village untuk assisting rekan2 dalam Operasi C&D (Conquer & Destroy).. Bagi yang memutuskan bertindak sebagai supporting dalam End Game phase, maka sebaiknya membangun paling tidak Kantor Dagang (Trade Office) level 10 di semua desa.. Ini untuk memudahkan contributing resso dalam pembangunan WW dan rebuilding hammer troops..

Also perlu diperhatikan, mendekati End Game, Nilai Budaya (Culture Points) dan Settler atau Chief/Senator disiapkan untuk settle/conquer desa di sekitar Natar Village..

FINAL NOTE

Satu hal yang hampir saya lupakan.. Sebagai Aggresor (pemain Offensive) sebaiknya difokuskan juga apakah ingin jadi Cleaner atau Pure Destroyer.. Cleaner lebih condong dimainkan oleh para gold-user yang bila pasukannya ludes dapat dengan cepat menyediakan resso untuk rebuilding (NPCT)..

Beberapa teman di s1.id lebih menyukai jadi Pure Destroyer karena mereka menyerang di belakang Cleaner sehingga resiko kehilangan pasukan minimal (kecuali klo dihadang tembok besar Ada juga yang suka menjadi Cleaner karena klo mereka ludes at least dapat medali (silly I know, but they got a point)..

Nah setelah anda memilih maka fokus pengembangan..

Cleaner memfokuskan diri pada jumlah infantry+cavalry+rams (catapult tetap perlu terutama untuk fake attack dan menjaga agar cleaner anda tetap terdeteksi sebagai “cata speed” sementara Pure Destroyer memfokuskan diri pada jumlah catapult (infantry+cavalry secukupnya namun disarankan minimal tiap wave komposisi minimal adalah 1 catapult dikawal 1.5 infantry/cavalry) ini untuk mencegah catapult mati tabrak tembok (NEVER SENT OUT CATAS ALONE!! KECUALI BUAT FAKES)

Sebagai catatan akhir, sangat penting untuk mengutarakan seluruh rencana dan fokus anda kepada sitter.. Seringkali ada desa yang sudah fokus secara baik, berantakan gara2 ditinggal 1 minggu kepada sitter.. Komunikasi tetap menjadi kunci game ini..
By : google