Sabtu, 07 Juli 2012

Panduan Sim City

Panduan untuk mode Simcity

Simcity? Siapa yang nggak tahu? Reputasi simcity di travian lumayan jelek karena para attacker yang dengan sombongnya mengatakan populasi tidak penting, yang penting jumlah tentara. Benar memang populasi tidak penting, tetapi salah juga kalau tentaranya tidak didukung oleh populasi desa yang baik, yang otomatis pasti terdiri atas produksi dan infrastruktur.

Simcity sendiri adalah istilah sebuah game simulasi pembangunan perkotaan. Pada travian digambarkan sebagai pola permainan santai dimana fokus si pemain adalah membesarkan kerajaannya dengan sebanyak2nya membuat desa. Ini berlawanan dengan gaya para perampok (raider) dimana mereka mengabaikan pembangunan desanya dan membuat pasukan sebanyak2nya untuk dapat meningkatkan rampokannya, akibatnya si perampok akan sangat disibukkan dengan urusan2 menyerang pemain di segala arah secara nonstop setiap hari. Padahal simcity sendiri bukan berarti minim tentara, kalau dimainkan dengan benar otomatis jumlah tentara akan lebih banyak dari pada populasi. Jadi tidak salah juga bermain simcity selama tetap pada jalur yang benar.

Pada saat kamu memiliki 4 desa atau lebih, produksi resources mungkin sudah mulai terasa lebih lancar dan antar desa kamu bisa saling bantu resources untuk pembangunan. Pada panduan ini kamu akan dikenalkan cara bermain simcity yang benar, terutama untuk pemain yang sudah memiliki 4 desa atau lebih dapat mengikuti panduan ini. Perhatikan dengan baik setiap langkah2 berikut:

I. Konsisten dengan Defense Minimum
Masalah utama para pemain simcity adalah mereka terlalu asik membangun desanya sehingga mengabaikan defense. Untuk menghindari hal ini kamu harus buat komitmen untuk secara konsisten membangun defense sebagai prioritas. Tidak sulit, cukup dengan kriteria defense = 100% populasi untuk desa dengan populasi > 250. Jadi begitu kamu memiliki desa dengan populasi 250, berarti saatnya kamu membuat 250 defender (praetorian, phalanx, spearman). Bila kamu lakukan dengan benar, maka secara berkala tiap desa kamu pasti akan memiliki sekitar 500 defender. Perlu diingat bahwa ini adalah defense minimum, nantinya kamu perlu meningkatkan ke angka optimalnya.

II. Nilai budaya dan perayaan
Tujuan dari simcity adalah membesarkan dengan cepat kerajaan kamu. Otomatis ukuran dari seberapa besarnya kerajaan kamu adalah jumlah desa yang kamu miliki. Mungkin pada saat ini kamu merasa punya cukup resources untuk membuat kastil dan settler. Tetapi selalu, kebutuhan (hambatan) dalam membuat desa adalah persyaratan nilai budaya. Kebutuhan nilai budaya ini dapat kamu lihat di kastil, baik nilai budaya yang kamu peroleh, produksi nilai budaya harian, hingga nilai budaya yang dibutuhkan untuk membuat desa baru.
Biasanya dengan produksi normal nilai budaya, persyaratan untuk membuat desa baru akan terpenuhi sekitar 3minggu hingga 1 bulan dari sejak membuat desa baru. Sangat lama bukan? Untungnya ada metode lain untuk mempercepat nilai budaya, yaitu perayaan pada balai desa. Untuk melakukan perayaan ini kamu perlu memiliki balai desa minimal tk1, tentu saja sebelumnya kamu harus membuat akademi tk10. Tiap perayaan (perayaan kecil) akan membutuhkan sekitar 6k masing2 resources. Nilai yang mahal, tetapi untuk sebuah investasi layak dilakukan, dan secara jangka panjang akan terbayar berkali2 lipat. Bila kamu dapat membuat perayaan di semua desa aktif kamu, termasuk desa baru kamu, maka akan sangat dimungkinkan kamu dapat membuat desa baru dalam waktu seminggu dari sejak pembuatan desa sebelumnya.
Selain perayaan, dapat juga dengan membuat bangunan yang produksi nilai budayanya tinggi, misal pasar dan kedutaan tk20. Mungkin kebutuhan untuk kedutaan tidak ada, tetapi investasi yang relatif murah ini dapat menghasilkan 153 NB perhari, yang secara jangka panjang sangat menguntungkan.

III. Ladang - gudang/lumbung - bangunan utama - resources

Bisa dibilang strategi simcity tidak berbeda dengan konsep megapolitan, dimana desa2 yang sudah stabil membantu secara intensif desa2 baru. Untuk bisa membantu secara intensif otomatis perlu gudang dan lumbung yang cukup, tetapi sebelumnya kamu perlu menyediakan ladang terlebih dahulu. Begini langkah2nya sejak desa baru kamu dibuat:
- Naikkan semua ladang ke tingkat 2.
- Gudang tk6, lumbung tk5.
- Bangunan utama tk10.
- Tambah ladang hingga produksi gandum lebih dari 100
- Gudang tk10, lumbung tk8
- Bangunan utama tk15
- Pasar tk4
- Semua resources sampai tk6
- titik temu
- barak tk3
- akademi tk10
- balai desa tk1 dan mulai jalankan perayaan
- riset defender (buat pabrik perisai bila diperlukan)
- buat defender sesuai dengan populasi, naikkan ladang seiring dengan itu.
- naikkan resources hingga tk8
- kastil tk10, settler 3 unit, siap2 bikin desa baru
- naikkan salah satu lahan resources hingga tk10 lalu buat bangunan bonusnya (pabrik bata, pemotongan kayu, peleburan besi, penggilingan gandum).
- pasar tk 12
- lanjutkan semua pembangunan secara seimbang (produksi ddan infrastruktur), sedapat mungkin semuanya dilakukan nonstop.
Catatan: bangsa romawi dapat melakukan pembangunan lahan produksi dan infrastruktur secara bersamaan, jadi proses di atas bisa 2 kali lebih cepat.

IV. Optimal defense dan desa ofense
Defense sebesar populasi tidaklah cukup. Seiring dengan semakin lengkapnya pembangunan lahan produksi kamu, sudah tentu produksi kamu akan meningkat. Untuk desa dengan ladang gandum 6 unit, produksi gandum maksimal akan mencapai 1800 unit/jam. Dari kapasitas produksi ini, optimal defense sekitar 750 unit defender untuk tiap desanya. Selama masa pembangunan desa kamu dapat mempertahankan optimal defense ini. Tetapi ketika pembangunan infrastruktur mencukupi, maka kamu juga sebaiknya meningkatkan defense hingga mencapai 1000 unit.
Di sisi lain kamu juga perlu mempersiapkan desa offense yang baik. Karena offense adalah sesuatu yang lebih cenderung boros, maka ada baiknya satu desa offense didukung oleh beberapa desa defense, baik defendernya maupun resourcesnya. Bila kamu mau main santai, mungkin satu desa offense cukup untuk seluruh desa yang kamu miliki. Kalau mau lebih agresif, kamu dapat membuat rasio 1 desa offense dengan 4 desa defense penunjang.

Pada intinya simcity di travian adalah bagaimana mengejar nilai budaya dan desa baru, yang berarti adalah perayaan non-stop di balai desa setiap desa2 kamu. Tetapi untuk dapat melakukannya dengan benar kamu perlu tetap pada jalurnya, yaitu minimal defense, optimal defense, hingga defense maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar