Sabtu, 07 Juli 2012

Strategy Perang (Part I)

Strategi Perang Travian [by Qnetic]

Speed is the essence of war. Take advantage of the enemy's unpreparedness; travel by unexpected routes and strike him where he has taken no precautions (Sun Tzu).
Lightning hammer
Yang dimaksud dengan Lightning hammer adalah pasukan hammer dengan unit tercepat, biasanya menggunakan theutates thunder karena merupakan unit yang tercepat dalam travian (hanya bisa digunakan oleh galia). Sedangkan romawi bisa menggunakan Equites Imperatoris dan teuton bisa menggunakan Teutonic Knight. Secara garis besar tujuan membuat Lightning hammer adalah menghancurkan dengan segera pertahanan musuh sebelum mereka mengumpulkan kekuatan penuh. Bisa juga digunakan untuk meng-counter serangan musuh dengan cepat. Desa yang biasanya difungsikan sebagai Lightning hammer adalah 7c dan 9c.
Beberapa pemain ada yang mempunyai 1-3 desa Lightning hammer. Biasanya desa2 ini merupakan desa raid yang bisa dialihfungsikan menjadi Lightning hammer. Sangat menakutkan apabila kita bisa membuat 3 desa Lightning hammer yang masing2 berisi ribuan bahkan puluhan ribu theutates thunder. Ketakutan terbesar biasanya datang dari hammer2 musuh yang khawatir dengan munculnya serangan tiba2; Apalagi kalau disertai dengan adanya mata-mata di dalam aliansi. Kembangkan pusat kebugaran untuk membuat Lightning hammer lebih menakutkan dengan kecepatannya dan kalau bisa dikombinasikan dengan artefak slipih angin. Pilih ksatria dari unit tercepat supaya bisa diikutkan dalam serangan tanpa mengurangi kecepatan.


Open the gates completely and let the enemy in, then ambush them from within, making the gates meatgrinders (Zhuge Liang).
Strategi benteng kosong
Saat perang kuadran, pemain menyiapkan desa dengan jarak yang sangat dekat dengan musuh. Misalnya pemain memiliki banyak desa di sekitar (50,51), sedangkan desa A disiapkan sebagai desa pancingan. Desa ini kosong dan posisinya sangat dekat dengan kuadran musuh misalnya di (10,12). Kemungkinan besar desa yang akan menjadi target serangan adalah desa A. Namun, bagaimana apabila bangunan Desa A adalah desa anti cata seperti ini.



Tujuan dibangunnya desa seperti ini adalah untuk mengetahui jumlah hammer musuh, posisi desa hammer, serta membuang energi musuh untuk merancang CFA yang sia-sia. Agar lebih maksimal, di desa pancingan dikembangkan bangunan-bangunan yang mempunyai populasi paling besar, seperti kedutaan, pasar, bangunan utama, dll. Dari beberapa pengalaman, desa seperti ini bahkan pernah di chief salah satu musuh. Entah apa yang ada di pikiran penyerang saat tau desa yang dia chief isinya desa penghijauan.


Know your enemy and know yourself and you can fight a hundred battles without disaster (Sun Tzu).
Menjadi mata-mata profesional
Untuk menjadi mata-mata yang profesional, sebaiknya ID dikembangkan secara maksimal agar mempunyai pengaruh yang luas di dalam aliansi. Mata-mata identik dengan multi ID, hanya saya tidak menyarankan untuk menjadi mata-mata dengan multi ID (lagipula hal itu illegal). Hal-hal yang biasa dilakukan oleh mata-mata adalah :
1. Membocorkan informasi MM, CFA, CFD.
CFA yang bocor akan sangat fatal karena operasi militer yang dilaksanakan pasti akan gagal total. Disini mata-mata berusaha mencari informasi lewat teman-teman aliansi lain (lewat messenger atau IGM), meskipun dia sebenarnya tidak dimasukkan ke dalam battle group CFA tersebut.
2. Melihat peran pemain di dalam forum atau messenger, siapa yang lebih vokal dan punya pengaruh.
Hal ini penting untuk menentukan target serangan. Apabila pemain yang berpengaruh hancur lebih dulu, mental pemain-pemain lain akan langsung turun. Biasanya target serangan adalah petinggi aliansi atau pemain-pemain yang masuk top ranking penyerang atau perampok.
3. Memperhitungkan desa hammer pemain dan jumlah pasukan yang dimiliki.
Semua pemain tidak ingin desa hammer-nya ketahuan untuk mengantisipasi kemungkinan kena chief (apabila bukan desa ibukota) atau kena serangan terus-menerus. Jumlah pasukan juga penting untuk memperkirakan siapa pemain yang dianggap berbahaya, tipe bermain attack/defence, serta jumlah pasukan yang ikut defence saat desa diserang.
4. Merebut lahan raid.
Informasi lahan raid yang bocor segera ditindaklanjuti dengan pemberitahuan kepada anggota aliansi pihak mata-mata supaya ikut mendatangi desa-desa tersebut. Dengan seretnya penghasilan lewat raid, akan membuat pengembangan desa menjadi sulit.
5. Melakukan sabotase dengan meng-cata gudang & lumbung lahan raid.
Hal ini adalah salah satu yang tidak saya sukai. Saya pernah menemukan anggota aliansi yang kerjanya cata gudang & lumbung lahan raid. Alasannya, salah sasaran cata. Padahal apa yang mau di-cata ? toh pemainnya sudah tidak aktif lagi. Langsung pemain yang bersangkutan saya pindahkan ke wing agar tidak merepotkan ke depannya.
6. Mengubah arah politik aliansi.
Beberapa pemain yang berpengaruh tentu punya kuasa untuk menyuarakan persekutuan atau perang dengan aliansi tertentu. Hal ini sangat berperan penting dalam hasil akhir peperangan. Politik adalah perang tanpa pertumpahan darah.
7. Memecah belah aliansi.
Mata-mata membuat rusuh dalam aliansi, membuat serangan kepada sekutu atau aliansi netral, menghasut anggota aliansi untuk tidak percaya kepada petinggi, serta kegiatan-kegiatan lain yang menghancurkan aliansi sedikit demi sedikit.


To avoid enemy’s strong point, and conquer the easiest point first, so that our soldiers have higher morale and we eat up step by step until the last (Cao Cao).
Meningkatkan experience ksatria dengan memanfaatkan kelemahan pasukan alam
Apabila pemain adalah non-gold user, meningkatkan experience ksatria terasa sulit karena sangat bergantung pada scroll dan petualangan (T4); Sedangkan perang membutuhkan pengorbanan pasukan yang tidak sedikit. Ada cara lain untuk meningkatkan experience dengan efektif dan tidak membutuhkan biaya besar seperti membeli scroll, yaitu dengan memanfaatkan pasukan alam pada oasis. Coba perhatikan tabel kemampuan pasukan alam berikut.



Secara umum, kekuatan pasukan alam berimbang antara experience yang didapat dengan kemampuannya. Hanya ada satu jenis pasukan yang punya kelemahan mencolok yaitu babi hutan (wild boar). Kemampuan babi hutan bertahan menghadapi serangan pasukan berkuda sangat rendah yaitu 33.
Untuk memanfaatkan kelemahan ini, siapkan ksatria dengan kekuatan yang cukup (misalnya 5000); Pasukan berkuda sekitar 25-30; Setelah itu cari oasis yang ada babi hutan. Oasis yang biasanya dihuni babi hutan adalah oasis liat 25% atau liat 25% + gandum 25%. Biasanya komposisi pasukan alam yang ada disana adalah tikus, laba-laba, dan babi hutan.
Dengan melakukan serangan ini, ksatria bisa mendapatkan experience 50+. Bayangkan kalau kita bisa melakukan hal ini sedikitnya 5 kali dalam sehari. Ksatria akan mendapatkan experience sekitar 300 dan sejumlah SDA. Jadi cara ini sangat efektif untuk mendapatkan experience.


The loss of any army is always caused by underestimating the enemy. Therefore gather information and watch the enemy carefully (Zhuge Liang).
Mengetahui potensi aliansi musuh dalam bertahan (Tidak ada spy di dalam aliansi musuh)
1. Siapkan desa yang khusus mengembangkan pengintai (Equites legati, Pathfinder, Scout) sehingga desa bisa memiliki ribuan pengintai.
2. Desain serangan fake oleh 3-5 ID besar dalam aliansi dengan ETA yang sama kepada anggota ally musuh yang paling berpengaruh.
3. Bersamaan dengan itu, pengintai dikirim dengan ETA bersamaan dengan ETA serangan fake masuk.
4. Minta teman aliansi lain untuk melakukan fake ke desa musuh secara bebas dan tidak beraturan.
Dengan langkah-langkah di atas, pihak penyerang kemungkinan kehilangan banyak pengintai (sekitar 100an). Tetapi hasilnya, penyerang bisa tau kekuatan utama aliansi musuh, terutama bagaimana mereka meng-koordinasikan CFD serta jumlah pasukan yang ikut bertahan.


If an enemy has alliances, the problem is grave and the enemy's position strong; if he has no alliances, the problem is minor and the enemy's position weak (Sun Tzu).
Putuskan hubungan pemain dengan aliansinya
Ada beberapa sebab seseorang menargetkan untuk menghancurkan "kedutaan" pemain musuh.
Pertama, untuk menghancurkan cranny lawan (Note : untuk menghancurkan cranny, masukkan kedutaan sebagai target cata-- apabila desa target ternyata tidak memiliki kedutaan, cata akan menghancurkan cranny dengan catatan level titik temu sudah cukup tinggi. Karena ada kemungkinan cata akan meleset bila level titik temu rendah).
Yang kedua adalah untuk memutuskan hubungan seorang pemain dengan aliansinya. Misalnya, ada pemain yang kurang aktif dan ingin kita jadikan lahan raid. Masalahnya, aliansi pemain tersebut tampak berbahaya apabila ikut campur. Maka saat melumpuhkan pemain tersebut, kita meng-cata kedutaan di wave pertama. Saat kedutaan pemain lawan sudah hancur, setiap serangan yang kita lakukan tidak akan muncul dalam laporan serangan aliansi. Saat pemain cuma memiliki 1 desa, kita bisa langsung tau dimana kedutaan di bangun. Saat desa sudah lebih dari 1, kemungkinan besar kedutaan ada di desa 1; Ada juga kemungkinan kedutaan dibangun di tiap desa -- niatnya untuk meningkatkan nilai budaya. Kalau kasusnya seperti itu, keinginan untuk memutuskan hubungan pemain dengan aliansinya akan sulit.
Yang ketiga adalah untuk membuat kacau aliansi musuh dengan menghancurkan kedutaan yang menjadi milik aliansi (biasanya salah satu pemain diminta untuk memegang kedutaan aliansi). Ketika hal itu dilakukan, aliansi tidak akan bisa menambah anggota sampai kedutaan mencapai level yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar