Saya baru mendengar kabar, bahwa sebagian besar pengguna internet di Indonesia meraih point korban terbanyak, dalam kasus Cyber Crime, di dunia! Oh My Gosh! Terus terang saja, saya yang masih berumur 12 tahun, sangat sangat prihatin dengan kejadian itu, karena betapa tidak berwaspadanya masyarakat Indonesia, sehingga membuat mereka kecolongan! Kalau boleh saya bilang, untuk menjaga sebuah data di internet sangatlah mudah! Selain pembobolan bank, akun jejaring sosial, malah katanya ada akun Travian!yang dijebol, atau istilah kerennya dihack. Nah kali ini, saya akan memberikan tips untuk bermain, dan berinternet dengan aman, walaupun anda adalah seorang yang awaam dalam dunia pemograman web!

TKP gan....

1. Buatlah password yang panjang, tapi mudah diingat! hal ini paling penting, tapi paling dianggap sepele oleh pengguna internet di Indonesia. Karena saya sering menangani akun FB, Twitter, bahkan Travian, yang passwordnya hanya satu kata contohnya: jakarta, 091286(tanggal lahir), atau bahkan passwordnya gunner!

Buatlah Password yang alay lebay! pendek tapi susah ditebak! contohnya: @V3NGED_S3V3NF0LD << nah,, itukan susah ditebak... jadi masalah nomor 1, CLEAR!

2. Jika anda berinternet di warnet, waspadai Keylogger! Keylogger adalah suatu software yang berguna untuk merekam segala aktivitas keyboard, bahkan yang baru-baru ini, bisa merekam aktivitas seluruh hardware, dari mouse, keyboard, RAM, sampai Processor -__- jd agan ngetik password, ya ketahuan.... Nah, gw biasanya pake cara gini: buka taskmanager, klik kanan di taskbar, kemudian pilih task manager, lalu cek! jika anda jeli, lihatlah satu persatu proses yang muncul. Apabila ada yang mencurigakan, langsung klik end process! tapi ingat, jangan di close system/clientnya.... bisa nge-hang komputernya ntar... -___- tp yaa... kalau mau yang lebih mudah, carilah warnet besar yang terkenal, dan dapat dipastikan tdk ada software berbahaya di warnet tersebut... cara berikutnya yaitu dengan menggunakan On-Screen-Keyboard, jd ngetiknya lewat layar! Klo gw isenk, biasanya ngetik lwt keyboard yang udah ada keyloggernya, gw ngetik "hayooo iseng ya..." paling gitu... haha, ntar kan kerekam di database warnet^^

3. Hati-hati dengan Phising! ini juga berbahaya gan... jd phising adalah suatu teknik pembobolan akun, yang caranya adalah membuat suatu website yang mirip dengan web aslinya, dan pada saat user login di website yang palsu, data tsb akan terekam dan masuk ke database si hacker kampungan tsb.... bingung ya? bahasanya ruwet... maap -__- nih contohnya: misalnya lo salah ketik, mo ngetik facebook.com malah ngetik facecook.com, nah tanpa sengaja lo login di website palsu facecook.com, secara otomatis, data yang u masukan akan masuk ke database si hacker kampungan! ngerti? klo blom ngerti post comment aja, ntar gw akan senantiasa menjawan

4. Selalu logout setiap selesai menggunakan akun, dan jangan Store passwordmu!! kadang kala ada peringatan "Do you want firefox remember your password?" klik NO kalau di warnet!! tp klo di rumah, bodo amat... paling ade ato nggak kakak yg ngehack dan delete cookies dan history anda.... agar user lain tidak bisa usil dan mengintip apa yang anda lakukan sebelumnya....

5. Menurut saya inilah yang terakhir, dan The Most Dangerous!!!... nama tekniknya lupa gw, yg jelas gw pernah belajar ni trik dan cara kerjanya, adalah membobol data (my documents/My network places/bahkan stored password yg ada di computermu!!) lewat koneksi LAN.... tp, jarang kok ada yg mempraktekan ini... tp untuk jaga jaga, sebaiknya jgn perbolehkan sharing data di computer anda, meskipun di pasang password, karena password ini tadi yg mudah dijebol....

untuk agan agan yang lain...
mohon ditanggapi, rate, comment, kritik, dan saran.... jangan takut membata saya, untuk memberikan kritik! karena kritik tsb sangat membantu saya, untuk mengembangkan guide saya selanjutnya